Sari, Linda Kartika (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 27 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
LINDA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 27 Bengkulu Tengah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 27 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Peneliti mengambil 2 kelas ini untuk dijadikan sampel yaitu kelas VA berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Uji t. Ditemukan bahwa hasil postest Siswa kelas VA yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) yaitu dalam katagori sedang, sebanyak 9 orang siswa (45%) mendapatkan nilai antara 69,86 sampai 76,14. Dan hasil belajar siswa kelas VB yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) yaitu dalam katagori sedang, sebanyak 4 orang siswa (20%) mendapatkan nilai antara 60,96 sampai 67,04. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Di SD Negeri 27 Bengkulu Tengah. Dengan perhitungan Uji t dimana thitung > ttabel (3,286 > 2,021).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 00:54 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 00:54 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3601 |
Actions (login required)
View Item |