NEED ANALYSIS OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES AT VOCATIONAL SCHOOL (A Descriptive Qualitative Research at Tenth Grade Student Multimedia Program of SMKN 4 Kepahiang in Academic Years 2018/2019)

Lestari, Ira (2019) NEED ANALYSIS OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES AT VOCATIONAL SCHOOL (A Descriptive Qualitative Research at Tenth Grade Student Multimedia Program of SMKN 4 Kepahiang in Academic Years 2018/2019). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
IRA LESTARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris Tujuan Khusus artinya mengajar Bahasa Inggris yang relevan dengan bidang siswa, yang mana dapat diasumsikan bahwa siswa akanlebih termotivasi yang dengan tinggi dalam belajar tentang topik dan buku pelajaran yang berhubungan dengan pelajaran dan bidang kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai indikator dalam setiap jenis tujuan pembelajaran bahasa Inggris apakah model EAP, EGP atau ESP. Penelitian ini dibutuhkan sebagai alasan bahwa untuk menemukan hal tentang ESP pada sekolah Kejuruan, analisis kemampuan Bahasa yang dibutuhkan oleh siswa dan perbaikan pendekatan Pengajaran Bahsa Inggris. Faktor masalah yang dihadapi siswa dalam belajar Bahsa Inggris dapat diukur dan dikumpulkan datanya dengan menggunakan instrument penelitian yang relevan berdasarkan jenis metode penelitian, selanjutnya diperluas menjadi analisis kebuthuan siswa yang berorientasi pada tujuan penelitian menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa lemahnya motivasi siswa adalah sebagai bagian dari identifikasi targetdan tujuan belajar siswa yang tidak dapat dicapai, sehingga semua kemampuan dasar kompetensi bahasa dikuasai oleh siswa adalah sebagai permasalahan pada belajar siswa, hal tersebut direpresentasikan sebagai permasalahan belajar bagi siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor yang mengindikasikan masalah belajar siswa diidentifkasikan menjadi dua bagian yaitu guru sebagai pengajar dan siswa dalam belajar. Dalam masalah belajar siswa ditemukan bahwa masalah skil membaca berisikan 10 dri total informan atau 19,6%, skil berbicara 18 dari 51 informan atau 35,2%, skil mendengarkan 15 dari 51 informan atau 29,4% dan skilmenulis 9 dari 51 informan atau 17,6%. Selanjutnya, tidak dapat dimengertinya materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dalam aktivitas Pengajaran Bahasa Inggris diidentifikasikan sebagai faktor dari masalah belajar siswa yang dilihat dari aspek guru. Variabel kedua juga ditemukan data bahwa aspek Analisis Kebutuhan Siswa adalah tujuan siswa dalam belajar Bahasa Ingris didoninasi oleh alasan komunikasi dalam Multimedia 41,1%, sedangkan indikasi rendahnya motivasi adalah 78% dari 51 informan. Keinginan siswa yaitu 33,3% membaca, 35,2 berbicara,25,4% mendengarkan dan 5,8 % menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebutuhan, ESP, Sekolah Kejuruan, Multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:11
Last Modified: 12 Mar 2020 07:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item