“PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II YANG MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF SNOWBALL THROWING DAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH DI SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU”

Kusmareni, Linda (2019) “PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II YANG MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF SNOWBALL THROWING DAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH DI SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU”. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
LINDA KUSMARENI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Meskipun sudah banyak penelitian yang mengunakan Metode Konvensional atau Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing atau Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match terhadap hasil belajar. Namun belum ada penelitian yang mencari Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II Yang Menggunakan Metode Konvensional dan Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing Dengan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan apakah hasil belajar matematika siswa kelas II yang diajarkan menggunakan Metode Konvensional dan Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing Dengan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match di SDN 61 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok yaitu kelas IIA berjumlah 27 orang sebagai kelompok yang menggunakan Metode Konvensional dan kelas IIB dan berjumlah 27 orang sebagai kelompok yang menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing dan kelas IIC berjumlah 27 orang sebagai kelompok yang menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Metode Konvensional dan Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing Dengan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal pilih ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji Anova Satu Jalur. Berdasarkan hasil posttest siswa kelas IIA yang menggunakan Metode Konvensional yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 22 orang siswa (80%) mendapatkan nilai 58,13 sampai 81,87 sedangkan hasil belajar kelas IIB yang menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing sebanyak 19 orang siswa (68%) mendapatkan nilai 65,5 sampai 94,4 sedangkan hasil belajar kelas IIC yang menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match sebanyak 19 orang siswa (68%) mendapatkan nilai 64,9 sampai 93,1. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji Anova Satu Jalur yaitu Fhitung sebesar 4,42 dan nilai Ftabel untuk taraf signifkan 5% adalah 3,29. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (4,42 > 3,29). Dengan demikiann terdapat perbedaan yang siknifikan antara hasil belajar yang diajar menggunakan Metode Konvensional dan Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing dan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika Metode Konvensional, Metode Pembelajaran Aktif Snowball Throwing, Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:35
Last Modified: 29 Jun 2020 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item