STRATEGI GURU PAI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SECARA VERBAL PADA SISWA DI SMPN 02 KOTA BENGKULU

Rahmantio, Nofan (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SECARA VERBAL PADA SISWA DI SMPN 02 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NOFAN RAHMANTIO.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perilaku siswa di SMPN 02 Kota Bengkulu yang cenderung melakukan aktivitas bullying secara verbal. Setiap tahun ada kecenderungan peningkatan kasus bullying. Hal ini bertentangan dengan visi misi di sekolah yang sangat mengecam adanya perilaku bullying yang dilakukan siswa seperti menghina dengan mengatakan anak haram, berkata kotor seperti mengatakan “anjing” dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan siswa, bagaimana strategi guru PAI dalam mencegah perilaku bullying secara verbal pada siswa di sekolah serta mencari tahu hambatan dan solusi dalam mencegah perilaku bullying tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI, dan informannya adalah guru BK, waka kesiswaan, kepala sekolah, satpam, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk perilaku bullying pada anak seperti menyebut nama orang tua, menghina kekurangan fisik teman dengan mengatakan “hitam”, berkata kotor seperti anjing”. Guru PAI memiliki 2 strategi dalam mencegah perilaku bullying secara verbal pada siswa, yang pertama adalah menggunakan teknik ceramah disertai dengan kisah inspiratif Islami, serta menggunakan teknik ancaman yakni berupa menurunkan nilai siswa yang melakukan aksi bullying secara verbal. Namun hal ini mendapatkan beberapa hambatan dari siswa dikarenakan anak masih mengulangi perilaku bullying sehingga solusi yang diberikan guru PAI adalah dengan memberikan pemahaman dan nasehat secara terus menerus kepada anak dan dilakukan dengan kesabaran dan berharap anak tersebut sadar dan berhenti untuk melakukan aksi bullying secara verbal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI dan Bullying Secara Verbal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:37
Last Modified: 13 Oct 2020 01:44
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item