KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA PADA ANAK USIA DINI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ZAKIAH DARADJAT

Ayu Lestari, Neng (2019) KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA PADA ANAK USIA DINI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ZAKIAH DARADJAT. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NENG AYU LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep Pendidikan Keluarga Pada Anak Usia Dini Persfektif Pendidikan Islam Menurut Zakiah Dardjat penelitian ini di latar belakangi saat ini banyak kalangan orang tua yang tidak menyadari peranan penting mereka sebagai sekolah pertama atau lembagan pendidikan utama bagi anak. Hal ini dipertegas dengan banyaknya fenomena orang tau menyerahkan anak kepada asisten rumah tangga yang mana sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan perilaku anak. Pendidikan keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama, sebagai pondasi awal pendidikan Islam anak. Zakiah Daradjat adalah seorang ilmuan perempuan yang multidimensi yang memberikan gambaran tentang peran keluarga dalam pendidikan Islam pada anak. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan keluarga pada anak usia dini persfektif pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustkaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu untuk mengurakian konsep pendidikan keluarga pada anak usia dini menurut Zakiah Daradjat dan menelaah pendidikan keluarga menurut pendidikan Islam. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, konsep pendidikan keluarga pada anak usia dini menurut Zakiah Daradjat merupakan lingkungan pendidikan pertama yang diterima anak. Peran orang tua dalam keluarga untuk memberikan pendidikan agama, moral maupun akhlak anak. Pembentukan keperibadian anak ada empat yaitu imam dan tauhid, pendidikan akhlak, pendidikan agama atau agama, pendidikan keperibadian dan sosial anak. Pendidikan anak dalam keluarga pendidikan agama bersifat naluri yang ada pada setiap anak. Konsep pendidikan keluarga juga dapat dikembangkan dalam lingkungan keluarga dan sekolah serta hasil dari pendidikan itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka yaitu keluarga ikut serta berperan penting dalam peruses pembelajaran, pendidikan yang diharapkan supaya anak mempunyai tingkah laku yang baik serta akhlak yang terpuji. Konsep pendidikan keluarga pada anak usia dini menurut Zakiah Daradjat memiliki kesamaan dengan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Islam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:19
Last Modified: 11 Mar 2020 02:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item