PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU

Apriani, Siska (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SISKA APRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi Atas Nama Siska Apriani, Nim 1416212595, Dengan Judul “ Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Pancasila Kota Bengkulu” Dosen Pembimbing Pertama adalah Dr.H.M Nasron Hk, M.Pd.I, Dosen Pembimbing Kedua adalah Abdul Aziz Bin Mustamin,M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Pancasila Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif deskriptif dengan pendekatan( expos facto). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil Penelitian Menunjukan Dari Uji Anova dengan F hitung 10,065 dan tingkat signifikansi Probabilitas 0,003 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar 0,458 (45,8%) menunjukkan bahwa variabel independen (profesionalisme guru) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (prestasi siswa) sebesar 45,8%. Sedangkan 43,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dan interpretasi r membuktikan pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa berada dalam kategori sedang dengan interval koefisien yaitu 0,40-0,599. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung > t tabel (3,173 > 1,686) maka Ho ditolak secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,003< 0,05) berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi siswa.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:52
Last Modified: 29 Jun 2020 05:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item