Putri, Distia (2019) PENGARUH APERSEPSI DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
DISTIA PUTRI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan masih rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 16 kota Bengkulu. Hal ini diduga, kurangnya penerapan Apersepsi dan motivasi terhadap siswa. Atas dasar ini, penelitian ini difokuskan dalam membahas pembelajaran IPS menggunakan Apersepsi. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurang pahamnya siswa terhadap materi jenis usaha dankegiatan ekonomi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Apersepsi dan motivasi terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 16 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil uji “t” terhadap hasil belajar postest keduan kelompok diperoleh thitung = 3,288 sedangkan ttabel = dengan df = 60 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,001. Dengan demikian thitung > ttabel (3,288 > 2,001) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan antara penggunaan Apersepsi dengan tanpa menggunakan Apersepsi terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 16 kota Bengkulu. Dan hasil Angket Motivasi pada hasil uji “t” keduaan kelompok diperoleh thitung = 3,526 sedangkan ttabel = 2,001dengan df = 60 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,001. Dengan demikian thitung > ttabel (3,526 > 2,001) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan Motivasi siswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Dapat disimpulkan penggunaan Apersepsi dan motivasi terbukti telah meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 16 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apersepsi, Motivasi dan hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 03:09 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:43 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3736 |
Actions (login required)
View Item |