Abrar, Abrar (2019) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 53 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
ABRAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu masalah yang dapat diidentifikasikan yaitu: 1. Peranan guru supaya siswa lebih aktif dan semangat untuk belajar matematika, 2. Cara guru membimbing atau mengarahkan siswa dalam pelajaran matematika, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar, 3. Yang guru harus lakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah melalui peranan guru, siswa dapat menerima pelajaran matematika dengan baik, untuk itu guru perlu melakukan penelitian, pendekatan, strategi, metode yang baik, memberikan tes, media yang cocok, motivasi yang baik, serta membimbing dan mengarahkan siswa untuk belajar matematika, semua itu harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran, agar siswa lebih mengerti dan manangkap pelajaran dengan baik, dan dengan melakukan penelitian, pendekatan dan memberikan tes kepada siswa, guru bisa melihat hasil belajar siswa, dari hasil belajar siswa, guru bisa melihat kemampuan siswa dalam belajar matematika. Dalam pelajaran matematika, metode yang dipakai oleh guru, ialah metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, dan metode latihan. Beberapa metode tersebut sangat memudahkan guru untuk menyampaikan pelajaran terutama metode ceramah, dilanjutkan dengan diskusi untuk bertukar pikiran, dilanjutkan dengan Tanya jawab antara guru dan murid, dan terakhir dengan menggunakan metode latihan setelah menempuh pelajaran dengan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan guru kelas terhadap siswa berprestasi yaitu bertugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Sebagai pengelola pelajaran, seorang guru harus mampu mengelola seluruh proses kegiatan belajarmengajar dengan menciptakan kondisi-kondisi belajar sedemikian rupa sehingga setiap siswa dapat belajar secara efektif dan efisie, kendala yang dihadapi guru kelas yaitu karakter siswa, kurangnya disiplin siswa, siswa terlalu pasif, tidak tenang didalam kelas, kepercayaan siswa pada anda, pujian, dan kebanyakan siswa hanya mengikut saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Prestasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 07:24 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 07:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3745 |
Actions (login required)
View Item |