Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 (Model) Lubuklinggau

Rakhmaini, Putiha (2016) Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 (Model) Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS Putiha Rakhmaini Indah Sari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 (Model) Lubuklinggau ABSTRAK Putiha Rakhmaini Indah Sari 2143040677 Pendidikan yang berhasil dalam mencapai tujuan di madrasah membutuhkan kemampuan manajerial kepala madrasah. manajerial mutlak dimiliki oleh kepala madrasah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap madrasah yang dikelolanya. MAN 1 (Model) Lubuklinggau dibawah kepemimpinan Rusmaladewi, S.Pd, M.M berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan mutu tamatan yang mempunyai pribadi unggul yang mandiri, profesional, berimtaq dan berbudaya lingkungan di era global. Penelitian dalam tesis ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknis reduksi data, display data, pengecekan keabsahan data melalui triangulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah sudah melakukan proses manajerial dengan baik pada manajemen kurikulum. Pada tahapan perencanaan kepala madrasah memadukan antara administrative approach dengan grass roots approach yang disusun berdasarkan atas kebutuhan siswa. Dalam proses pengorganisasian kurikulum kepala madrasah melakukan dua tahapan yaitu tahapan pada tingkat struktural dan tingkatan akademik. Tahapan pelaksanaan manajerial kurikulum, kepala madrasah membagi tahapan menjadi dua tingkatan yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah dan kelas, sementara itu untuk tahapan pengawasan kepala madrasah menerapkan evaluasi formatif dan sumatif. Kemampuan manajerial kepala madrasah dalam mengelola manajemen personil dikatakan cukup baik, namun terdapat beberapa hal yang masih kurang yaitu pada tahapan perencanaan dan evaluasi. Pada tahapan perencanaan kepala madrasah belum melibatkan seluruh tatanan madrasah dalam perencanaannya, begitu juga pada tahapan pengawasan kepala madrasah kurang tegas dalam pemberian sanksi. Dalam perencanaan sarana prasarana kepala madrasah membagi kebutuhan sesuai dengan periode waktu yaitu jangka pendek, menengah dan panjang, membentuk struktur organisasi pelaksanaan sarpras, melakukan pelaksanaan sesuai dengan dengan standar PP No 19 Tahun 2005 serta melakukan evaluasi pada semua tahapan proses manajerial. Kata kunci: Manajerial Kepala Madrasah, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi, Manajemen Kurikulum, Manajemen Personil, Manajemen Sarana Prasarana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:59
Last Modified: 03 Nov 2022 07:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item