PENGARUH BIMBINGAN MENGAJI DI MASJID TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADASISWA SDN 80 BENGKULU SELATAN

Manyasari, Erda (2019) PENGARUH BIMBINGAN MENGAJI DI MASJID TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADASISWA SDN 80 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
ERDA MANYASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh bimbingan mengaji di Masjid Nur Ikhlas teradap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa SDN 80 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbinganmengaji di Masjid terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa SDN 80 Bengkulu Selatan. Bimbingan mengaji di Masjid tersebut untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 80 Bengkulu Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 32% dari populasi, yaitu berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan agama Islam di SDN 80 Bengkulu Selatan dapat dikatakan tergolong kedalam kategori kualifikasi tinggi karena hampir 75% siswa mengikuti kegiatan mengaji di Masjid dengan nilai rata-rata 7,6. Sedangkan hasil perhitungan korelasi antara angket dengan raport yang sudah diketahui nilainya yaitu 6,356 dan sig 0,000 sig 0,005 (5%) artinya Ha ditolak dan Ho diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Mengaji, Masjid, Hasil Belajar, dan PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:56
Last Modified: 23 Mar 2020 01:44
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3927

Actions (login required)

View Item View Item