Jaya, Indra (2019) PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA MODERNISASI (Studi Kasus di SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu). Masters thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
INDRA JAYA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
konseptual dan moral seseorang yang sesuai dengan kebutuhan, dikaitkan dengan sekolah tentunya melalui pendidikan dan kebutuhan dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam dunia pendidikan kepala sekolah bersama para stekeholder berupaya dalam meningkatkan daya saing dan memiliki strategi melalui keterampilan, kekuatan, pengetahuan dan lain sebagainya melalui strategi focus untuk meningkatkan kualitas dengan mencapai suatu ukuran tertentu, kepuasaan konsumen sebagai patokan dan sesuai dengan yang diisyaratkan sehingga dapat menarik perhatian pasar (masyarakat) untuk menyekolahkan anakanaknya di SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu. Tujuan penelitian untuk : (1) mendeskripsikan konsep pengembangan SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu dalam meningkatkan daya saing di era modernisasi; (2) mendeskripsikan strategi pengembangan SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu dalam meningkatkan daya saing di era modernisasi; (3) mendeskripsikan implikasi pengembangan SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu dalam meningkatkan daya saing di era modernisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif, yakni uraian naratif mengenai proses tingkah laku subjek sesuai dengan focus masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan empat langkah, yaitu : (1) data collection atau pengumpulan data (2) data reduction atau reduksi data (3) data display atau penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu, konsep pengembangan sekolah dalam meningkatkan daya saing adalah sesuai dengan konsep visi, misi dan tujuan, kualitas pembelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, siswa berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, adanya program unggulan metode An Nashr dalam memahami AlQur‟an, peningkatan sarana dan prasarana dengan partisipasi stakeholder. Pelaksanaan strategi pengelolaan administrasi kurikulum yang baik meningkatkan kualitas sumber daya manusia (guru dan siswa), penerapan disiplin guru dan siswa, serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat, melibatkan masyarakat tempatan dalam kegiatan sekolah, kemudian peningkatan mutu dengan 14 langkah menurut Crosby, dan Implikasi dalam penelitian ini berupa kepuasan pelanggan, iklim yang kondusif, menyenangkan, tertib dan kualitas yang sesuai dengan harapan masyarakat sehingga dapat menarik perhatian pasar (masyarakat) untuk menyekolahkan anak-anaknya di SD IT Baitul Izzah Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembaga Pendidikan Islam, Daya Saing |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 02:46 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 02:46 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
View Item |