PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBIMBING KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII MTs PANCASILA BENGKULU

Widianti, Refi (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBIMBING KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII MTs PANCASILA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
REFI WIDIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru mendapat respon yang kurang baik dari siswa pada saat menjelaskan materi pelajaran, masih banyaknya akhlak siswa yang belum mencerminkan akhlak seorang muslim, banyaknya siswa yang melanggar tata tertib sekolah, banyak siswa mencontek dalam proses pembelajaran, pada saat jam istirahat banyak siswa yang pulang ke asrama dan tidak kembali lagi ke kelas untuk mengikuti jam pelajaran selanjutnya Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengelolaan data diambil ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidkan Agama Islam dalam membimbing kecerdasan spiritual siswa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari peranan guru sebagai motivator, pembimbing dan selalu memberikan motivasi kepada siswa. Peran guru dalam membimbing kecerdasan spiritual siswa yaitu memberikan arahan, nasehat, motivasi, dan melalui pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan, hal ini bertujuan agar siswa terbiasa serta menghargai waktu. Faktor pendukung guru dalam membimbing kecerdasan spiritual siswa yaitu pembiasaan, adanya jadwal salat, moral yang tinggi, melibatkan anak dalam beribadah dan memberikan hukuman, sedangan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu dalam belajar dan keperibadian siswa yang masih labil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Membimbing Kecerdasan Spiritual Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:06
Last Modified: 12 Feb 2020 01:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item