Setawan, Putra (2019) PENGARUH METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
PUTRA SETIAWAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang maksimal, dimana masih banyak anak-anak yang kurang fokus ketika guru sedang menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Guru masih jarang menerapkan metode pembelajaran yang bervariatif sehingga anak menjadi kurang semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari metode word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu sebanyak 307 siswa. Yang dimana peneliti mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen di kelas VII 4 dan kelas kontrol di kelas VII 3 dengan jumlah siswa masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pre test dan post test berupa pilihan objektif berjumlah 10 butir soal per 1 materi pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat 3 materi pembelajaran yang diterapkan, jadi total keseluruhan soal berjumlah 30 butir soal. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perubahan hasil belajar pada kelompok eksperimen mengalami kenaikan 47,29% persen dari hasil sebelumnya 58,93% meningkat menjadi 86,8%. Sedangkan kelompok kontrol mengalami kenaikan 18% dari hasil sebelumnya 60,2% menjadi 71,63%; 2) Penerapan metode word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa degan rata-rata 47,29 dilihat dari hasil pre test dan post test; 3) Berdasarkan dari hasil pengujian uji “t” yang dilakukan, diperoleh t hitung = 7,27 sedangkan t tabel dengan df 60 (60 – 2) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,002. Dengan demikian t hitung ≥ t tabel (7,27 ≥ 2,002). Yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh metode word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Word Square, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 01:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 01:08 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4123 |
Actions (login required)
View Item |