PENGARUH PELAKSANAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMPN 06 KOTA BENGKULU

ayu, fitria (2019) PENGARUH PELAKSANAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMPN 06 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Shalat Dhuha di SMPN 06 Kota Bengkulu, dan kedisiplinan siswa tersebut, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pelaksanaan shalat Dhuha dalam membentuk kedisiplinan siswa di smpn 06 kota Bengkulu. Sehingga dapat diperoleh persentase sajauh mana pelaksanaan shalat Dhuha ini berpengaruh terhadaap kedisiplinan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, sehingga akan diperoleh hubungan antara variabel bebas (shalat Dhuha) dengan variabel terikat (kedisiplinan siswa), subjek penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama islam di smpn 06 kota Bengkulu yaitu sebanyak 50 siswa. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Shalat Dhuha terhadap kedisiplinan siswa di smpn 06 kota Bengkulu, peneliti menggunakan angket yang di dalamnya terdapat istrumen penelitian sebagai alat yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data sehingga data yang diperoleh lebih mudah untuk diolah. Setelah dianalisi dengan product moment dan uji prasyarat analisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Rtabel product moment dengan nilai 50 – 2= 48 (df=N-nr) dapat diinterpretasikan pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,284 dan pada taraf 1% sebesar 0,368. Jadi 0,653 > 0,284 dan 0,653 > 0,368 dengan membandingkan besarnya rxy dengan rtabel maka dapat diinterpretasikan bahwa rxy > rtabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kegitan pelaksanaan shalat Dhuha dengan kedisiplinan siswa. Dan diketahui nilai koefesien determinasi (KD) sebesar 0,426. Hal ini menunjukan bahwa variabel X (pelaksanaan Shalat Dhuha) mempengaruhi atau memberi kontribusi terhadap variabel Y (disiplin siswa) sebesar 42 %. Dan sisanya adalah faktor – faktor lain yang dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa dan hal itu tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha, Disiplin Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:32
Last Modified: 11 Feb 2020 08:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item