Khusnul Khotimah, Siti (2019) PERAN GURU KELAS DALAM MEMBINA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SDN 35 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
SITI KHUSNUL KHOTIMAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Kelas Dalam Membina Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di SDN 35 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Sprandley. Hasil penelitian ditemukan Peran guru dalam membina dan memotivasi para siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan menghapal surat-surat pendek dan sholat dhuha yang dijalankan ini sudah sangat baik dengan perubahan-perubahan dari sikap yang ditunjukan siswa, bukan hanya perubahan sikap disekolah tapi juga perubahan sikap di rumah maupun lingkungan sekitar, sehingga peran guru sebagai pembimbing dan sebagai motivator dianggap berhasil diterapkan pada ekstrakurikuler keagamaan menghapal surat-surat pendek dan sholat dhuha di SDN 35 Kota Bengkulu. Bukan hanya seorang diri mereka menjadi motivator tapi guru disini juga mencari metode baru agar siswa termotivasi dalam belajar sholat dhuha dan menghapal surat-surat pendek sehingga dapat meningkatkan ibadah shalat dhuha dan hafalan surat-surat pendek kepada siswa dan siswa terbiasa menjalankan perintah beribadah sesuai tuntunan perintah Allah Swt. .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Peran Guru Kelas, Ekstrakurikuler Keagamaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 07:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 07:42 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
View Item |