STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 2 SELUMA

Ratnasari, Yesi (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 2 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YESI RATNASARI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan IPS dikembangkan ranah pembelajaran, yaitu: pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), dan sikap (afektif). Ketiga aspek ini merupakan acuan yang berorientasi untuk mengembangkan pemilihan materi, strategi, dan model pembelajaran. Seorang guru harus pandai menciptakan suasana pembelajaran yang baru agar pembelajaran IPS menjadi lebih menarik, sehingga siswa dapat aktif dalam mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran The Power Of Two dengan yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 2 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian komparatif. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling dengan sampel yang diambil yaitu Kelas VA berjumlah 29 siswa dan Kelas VB berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Separated Varians. Hasil dari penelitian yaitu: bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran The Power Of Two dengan yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 2 Seluma, dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (3,40 > 2,00) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran The Power Of Two, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:29
Last Modified: 03 Mar 2020 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item