ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

utama, Dwi Praja (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TESIS DWI PRAJA UTAMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui.: 1) Rencana pembelajaran kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Proses pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam Mata pelajaran PAI di SMAN 1 Bengkulu Tengah, 3) Evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganalisa data dengan Redukdi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang disimpulkan sebagai berikut : 1) Perencanaaan pembelajaran oleh guru SMAN 1 Bengkulu Tengah berdasarkan standar kompetensi yang akan dicapai memuat tujuan pembelajaran, materi, metode mengajar sumber belajar dan hasil belajar. Perencanaan dibuat degan mempertimbangkan tujuan yang hendak dicapai, alat apa yang digunakan, materi apa yang diajarkan dengan cara mengevaluasi dan perencanaan pembelajaran, 2) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bengkul Tengah yakni kegiatan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa, 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes yang berupa a) (pre-test) tes awal, tes ini merupakan tes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai. b) tes tengah kegiatan yakni tes yang dilaksanakan di sela-sela atau pada waktu-waktu tertentu selama proses pembelajaran berlangsung. c) Post-test yaitu test yang diberikan setelah proses pembelajaran berakhir, d) tes formatif tes ulangan harian, tengah semester dan f) tes sumatif berupa ulangan semester. Evaluasi terencana yang dilakuakkn oleh guru terakomodir dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga pelaksanaanya berjalan seuai dengan kebutuhan yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013. Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:29
Last Modified: 05 Mar 2020 04:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4213

Actions (login required)

View Item View Item