PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN FIQH DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU

Anggraini, Hernita (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN FIQH DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HERNITA ANGGRAINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Quick On The Draw dengan metode Ceramah pada mata pelajaran fiqh di pondok pesantren Al-Qur’an harsallakum kota Bengkulu 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Quick On The Draw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran Fiqh kelas VIII di Pondok Pesantren Harsallakum Kota Bengkulu 2018/2019 ini terlihat dari hasil perhitungan peneliti, hal ini dimana diperoleh F hitung sebesar 1,37 dengan df = 19 pada taraf signigfikan 5% sebesar 4,38 ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara variabel X (metode Quick On The Draw) dengan variabel Y (metode Ceramah). Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Harsallakum Kota Bengkulu. Hasil perhitungan dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Quick On The Draw, dalam taraf signifikan 5% yakni Thitung (2,627) > Ttabel (2,021), yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dari hasil posttest yang telah diperoleh kelas VIII F (kelas Eksperimen) dengan nilai rata-rata sebesar 83 dan kelas VIII D (kelas Kontrol) dengan nilai rata-rata 76, dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Quick On The Draw dengan kelas Kontrol menggunakan metode Ceramah pada mata pelajaran Fiqh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Hasil Belajar FIQH, Metode Pembelajaran Quick On The Draw, Metode Ceramah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 21 Apr 2020 02:18
Last Modified: 21 Apr 2020 02:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item