STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 1 KOTA BENGKULU

Maryani, Mimi (2019) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 1 KOTA BENGKULU. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MIMI MARYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Islam di MIN 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dan yang menjadi responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Strategi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran PAI di MIN 1 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama, Memotivasi guru untuk berkreasi dan berinovasi; Kedua, Meningkatkan profesionalisme guru; Ketiga, Menerapkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa (stakeholder); Keempat, Melakukan supervisi; Kelima, Meningkatkan kualitas siswa dengan mengikutkan perlombaan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler; Keenam, Mengembangkan budaya akhlak yang baik (akhlakul karimah) pada segenap warga sekolah (stakeholder) melalui keteladanan; Ketujuh, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang memadai bagi pembelajaran pendidikan agama Islam. Strategi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 1 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama, dengan cara peningkatan kemampuan guru; Kedua, dengan optimalisasi pemanfaatan dan penggunaan media dan sarana pendidikan; Ketiga, dengan pelaksanaan supervisi rutin; Keempat, penerapan disiplin yang ketat. (2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 1 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama, guru pendidikan agama Islam kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program keagamaan; kedua, peserta didik kurang istiqomah dalam mengamalkan kegiatan keagamaan di rumah; Ketiga, perbedaan yang ada dalam diri siswa tersebut dapat menjadi hambatan bagi pengembangan aspek-aspek anak didik itu sendiri, yang pada akhirnya merupakan hambatan bagi pengembangan mutu pendidikan agama Islam, Keempat, kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kompetensi, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:58
Last Modified: 27 Apr 2020 04:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

View Item View Item