PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK 4 PGRI KOTA BENGKULU

Marlina,, Leni (2020) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK 4 PGRI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi leni pdf.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kenakalan Siswa, mendeskripsikan penyebab terjadinya kenakalan Siswa, dan mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kenakalan Siswa di SMK 4 PGRI Kota Bengkulu. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis memilih penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat beberapa kenakalan Siswa di sekolah ini seperti yang dialami oleh sekolah lainnya, yaitu terdapat beberapa siswa laki-laki berambut agak panjang, siswa yang rambutnya dicat, siswa juga merokok di lingkungan sekolah dan sering bolos sehingga tidak disiplin, siswa juga kerap mencoret-coret meja dan tembok kelas dan membuat keributan saat belajar. (2) Kenakalan Siswa disebabkan oleh dua faktor, yaitu: faktor kenakalan yang dilakukan oleh siswa kelas XI Multimedia ini adalah pemahaman yang keliru dari siswa dan reaksi yang salah dari proses belajar, juga sulitnya siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. (3) Peranan guru PAI selain mengajar dan memberikan informasi tentang materi pembelajaran, guru PAI di SMKS 4 PGRI Kota Bengkulu juga berperan sebagai motivator dan figur yang memberikan contoh kepada siswa. Guru PAI memotivasi siswa agar selalu bersemangat dalam belajar, dan juga menasehati siswa untuk tidak melanggar peraturan sekolah, guru juga memberikan contoh yang baik terutama kedisiplinan waktu maupun berpakaian rapi, nasihat dan motivasi dari guru PAI di kelas XI Multimedia ini memang memberikan dampak positif bagi siswa, agar siswa selalu bersemangat, tidak lupa melaksanakan sholat, juga tidak melanggar aturan yang berlaku di sekolah, karena semua untuk kebaikan dan kemajuan siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:52
Last Modified: 03 Jun 2020 03:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item