Lestari,, Anisa (2020) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MI NURUL HUDA DESA PUNGGUK KETUPAK MERIGI KELINDANG BENGKULU TENGAH. Other thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
FULL SKRIPSI .pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini Bagaimana optimalisasi pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa MI Nurul Huda Desa Pungguk Ketupak Merigi Kelindang Bengkulu Tengah. 2) Apakah hambatan-hambatan yang didapati dengan mengoptimalkan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa MI Nurul Huda Desa Pungguk Ketupak Merigi Kelindang Bengkulu Tengah. 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan pembentukan karakter siswa dalam mengoptimalisasi pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil pemaparan data dan analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa 1) Optimalisasi pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter, awalnya adanya koordinasi dari kepala sekolah dengan dewan guru kemudian setelah memang semuanya siap maka diterapkan kepada siswa. Dilaksanakan dimulai dengan hal-hal yang kecil dan mulai dari dewan guru, hingga ditetapkan kepada siswa. Upaya sekolah agar pelaksanaan pendidikan karakter ini dapat membentuk sikap kedisiplinan peserta didik, maka upaya yang dilakukan dengan memberikan bimbingan kepada siswa. Sikap kedisiplinan apa saja yang dimiliki peserta didik setelah adanya pelaksanaan pendidikan karakter, maka informan penelitian menjelaskan bahwa sikap disiplin telah diterapkan kepada seluuh warga sekolah khususnya kepada siswa. 2) Hambatan-hambatan yang didapati dengan mengoptimalkan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa Ketersediaan sarana fisik walau belum maksimal dan perilaku sosial (komunikasi, keterbukaan serta problem solving), menjadi modal dasar dalam menumbuhkan karakter positif di MI Nurul Huda, di samping ketersediaan sumber daya manusia yang belum mendukung, serta tak kalah pentingnya adalah peran aktif dalam memfasilitasi sarana serta memberikan uswatun hasanah/suri tauladan kepada seluruh siswa. Sementara faktor penghambat adalah minimnya sarana, serta perubahan mindset dan pengaruh lingkungan, yang kerap kali menjadi batu sandungan dalam melancarkan program-program madrasah untuk memunculkan nilai karakter siswa secara optimal. 3) Solusi dalam mengatasi hambatan pembentukan karakter siswa dalam mengoptimalisasi pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Pembentukan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 06:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 06:54 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4389 |
Actions (login required)
View Item |