STRATEGI GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MI DARUSSALAM KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Khamdiyah,, Siti (2020) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MI DARUSSALAM KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FULL BAB .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana strategi guru mata pelajaran IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di MI Darussalam Kabupaten Bengkulu Tengah. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di MI Darussalam Kabupaten Bengkulu Tengah. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi guru mata pelajaran IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di MI Darussalam Kabupaten Bengkulu Tengah. 2) Untuk mengetahui faktor kendala yang dihadapi guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial siswa di MI Darussalam Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa, peserta didik sudah terlihat cakap dalam sikap sosial, seperti memberanikan diri untuk bertanya kepada guru ketika ada mata pelajaran IPS yang tidak dimengerti, memahami dan mengatur emosi diri maupun orang lain (kontrol emosi), merespon orang lain dan mengarahkan tindakan sosial (sikap sosial), interaksi dan berkomunikasi secara verbal maupun non verbal (komunikasi), bertanggung jawab atas tindakan (tanggung jawab), dan memperhatikan orang lain (peduli). Manfaat memiliki sikap sosial adalah individu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya, mengembangkan kepribadian dan identitas, mengembangkan kemampuan karir, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kesehatan, serta mampu mengatasi stres. Berani menyampaikan pendapat tanpa melukai hati orang lain, mulai menyukai belajar kelompok, dan mulai berani untuk mengerjakan soal didepan kelas. Ciri-ciri pribadi seseorang yang memiliki sikap percaya diri yang masuk pada ciriciri keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pelajaran IPS, Sikap Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:55
Last Modified: 22 Jun 2020 06:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item