Iko,, Setiawan (2020) UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTSN) 5 KAUR. Other thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
SKRIPSI IKO SETIAWAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang sering kita jumpai dalam pengajaran khususnya pengajaran agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, disamping masalahlainnya yang sering didapati adalah kurangnya perhatian guru agama terhadap meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi,yang didukung oleh media pembelajaran baik itu berupa alat belajar, infrastruktur berupa gedung sekolah maupun sarana danp rasarana yang lain. Untuk dapat membuat anak berminat dalam belajarnya, maka bagi seorang guru dapat memanfaatkan proses belajar mengajar dengan berbagai metode atau cara yang efektif. Berkaitan dengan ini penulis menguraikan secara detail proses pembelajaran matapelajaran Fiqh yang ada pada (MTsN) 5 Kaur. Setiap guru harus punya kompetensi memahami bidang studi yang akan diajarkannya. Guru agama harus tahu asal usul pengembangan bidang studi yang akan diajarkann yaitu, terutama ia harus tahu isi bidang studi dan cara pembelajaran yang akan digunakannya dalam proses pembelajaran. Ia dituntut untuk menguasai bidang studi yang diajarkannya dari segi penguasaan materinya, pengembangannya, ketrampilan mengajarkannya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk memudahkan penelitian ini, maka penulis hanya mengambil mata pelajaran Fiqh dengan alasan karena Fiqh merupakan ilmu agama Islam yang syarat dengan problem yang berkaitan erat dengan fenomena sosialdi mana masyarakat banyak dihadapkan dengan hukum syari’ah (fiqh) dan segala perbuatan atauaktivitas manusia dalam kehidupan sehari hari pada hakekatnya didasari olehFiqh atau hukum Fiqh, serta pembelajaran Fiqhdi Madrasah Tsanawiyah bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan mengamalkan ajaran Islam dalam aspek hukum baik berupa ajaran ibadah maupun muamalah dalam rangka membentuk manusiamuslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karenanya penulis berkesimpulan bahwa pelajaran Fiqh yang efektif guna meningkatkan prestasi peserta didik sangat diperlukan Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqh Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di (MTsN) 5 Kaur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 07:50 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 07:50 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4501 |
Actions (login required)
View Item |