PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KECAMATAN SUKARAJA KOTA BENGKULU

Chikita,, Varerawanti (2020) PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KECAMATAN SUKARAJA KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CIKITA CD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa anak-anak cenderung lebih menghafal huruf hijaiyah dibandingkan mengenal hurufnya Selain itu masih kurangya penggunaan media pembelajaran atau alternatif lain, sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang efektif. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. pembelajaran dengan media flashcard mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media flashcard. Terbukti bahwa pengenalan huruf hijaiyah dengan media flashcard mengalami peningkatan yaitu 0,58 dari hasil pretest sebelumnya sebesar 2,56 meningkat menjadi 3,14. Sedangkan kelompok yang tidak menggunakan media flashcard mengalami peningkatan dari hasil pretest sebelumnya sebesar 2,4 tanpa perlakuan berubah menjadi 2,86. Dengan demikian berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat peningkatan pada pembelajaran dengan media flashcard dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah kecamatan Sukaraja Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Pengenalan Huruf Hijaiyah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:59
Last Modified: 07 Jul 2020 07:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item