THE EFFECT OF USING WHATSAPP IN BLENDED LEARNING ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A Quasi Experimental Research at Student Tenth Grade of SMAN 5 Kembang Mumpo in Academic Year 2019/2020)

Yuni,, Rolita Utami (2020) THE EFFECT OF USING WHATSAPP IN BLENDED LEARNING ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A Quasi Experimental Research at Student Tenth Grade of SMAN 5 Kembang Mumpo in Academic Year 2019/2020). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNI FULL -LAMPIRAN.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan WhatsApp dalam Blended Learning terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh SMAN 05 Kembang Mumpo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi ekspermental. Sample dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa dikelas experiment (X MIPA 1) dan 27 siswa dikelas control (X MIPA 2) yang diambil secara purposive sampeling. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan treatment menggunakan WhatsApp dalam Blended Learning, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan WhatsApp dalam Blended Learning. Pra-tes diberikan dalam dua kelompok sebelum memberikan Treatment. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Pertama, skor pre-test menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen adalah 54.889 dan kelas kontrol adalah 56.370. Setelah diberi treatment, post-test diberikan. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82.074 dan kelas kontrol adalah 72.333, dalam hal ini, peningkatan skor kelas eksperimen adalah 27.185 dan kelas kontrol adalah 15.9626 Kedua, skor sampel dari independent T-test menunjukkan nilai signifikan (2 tailed) adalah 0,000 <0,05. Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima. Singkatnya, dapat diumumkan bahwa siswa yang menulis teks deskriptif menggunakan WhatsApp di Blended Learning lebih efektif daripada tidak menggunakan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp dalam Blended Learning memiliki pengaruh positif pada siswa kelas sepuluh di SMAN 05 Kembang Mumpo tahun ajaran 2019/202.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, WhataApp, Writing descriptive text,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:43
Last Modified: 11 Nov 2020 08:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item