AN ANALYSIS OF MALE AND FEMALE STUDENTS’ IN USING DISCOURSE MARKERS IN WRITING ACADEMIC ESSAY ( Descriptive Qualitative Research at Sixth Semester Students’ of English Education Study Program at IAIN Bengkulu in Academic Year 2019/2020 )

Sherly,, Monika (2020) AN ANALYSIS OF MALE AND FEMALE STUDENTS’ IN USING DISCOURSE MARKERS IN WRITING ACADEMIC ESSAY ( Descriptive Qualitative Research at Sixth Semester Students’ of English Education Study Program at IAIN Bengkulu in Academic Year 2019/2020 ). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
THESIS SHERLY MONIKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis penanda wacana yang digunakan siswa laki-laki dan perempuan dalam esai akademik pada semester enam TBI IAIN Bengkulu pada tahun akademik 2019/2020, dan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan penanda wacana yang digunakan oleh siswa laki-laki dan perempuan dalam esai akademik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa, 14 esai dari siswa laki-laki, dan 14 esai dari siswa perempuan semester 6 prodi TBI IAIN Bengkulu tahun akademik 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis memberikan 5 topik yang berbeda tentang esai akademik, dan siswa menulis essay dari topik yang mereka pilih minimal 3 pargraf. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori dari by Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 tipe penanda wacana dalam essay siswa laki-laki dan perempuan, dan yang paling sering digunakan yaitu penanda wacana type contrastive markers, selain itu hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya persamaan dan perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menggunakan penanda wacana di esai akademik. Untuk persamaannya antara siswa laki-laki dan perempuan paling sering menggunakan penanda wacana contrastive markers jenis “and” untuk memberikan contoh, menambahkan penjelasan didalam esai siswa. Sedangkan untuk perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menggunakan penanda wacana yaitu siswa perempuan terdapat 178 jenis yang penulis temui didalam esai siswa perempuan, sedangkan untuk esai laki-laki terdapat 147 jenis penanda wacana. Total penanda wacana antara laki-laki dan perempuan yaitu 325 jenis dalam 14 esai dari laki-laki dan 14 esai dari perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menulis Esai Akademik, Penanda Wacana, Jenis Kelamin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 11 Nov 2020 08:45
Last Modified: 11 Nov 2020 08:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4852

Actions (login required)

View Item View Item