STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KOTA BENGKULU

NOPITASARI, WIDIA (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Widya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari sebuah sekolah yang mana sekolah tersebut memiliki beragam suki, budaya, dan agama. Guru Pendidikan Agama Islam kurang menerapkan nilai-nilai pluralisme. Kurangnya sikap saling menghargai dan menghormati antar umat islam. Kurangnya sikap toleransi antar siswa-siswi yang berbeda keyakinan. Kurangnya keharmonisan hubungan antar siswa muslim dan non muslim. Tujuan penelitian ini yaitu : 1)Untuk mengetahui konsep nilai-nilai pluralisme agama yang diditerapkan di SMP Negeri 11 kota Bengkulu. 2) Untuk mengungkap dan menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan konsep nilai-nilai pluralisme agama di SMP Negeri 11 kota Bengkulu. 3) Untuk mendeskripsikan fenomena toleransi keberagamaan di SMP Negeri 11 kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Setting Penelitian ini, mengambil tempat di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Subjek informan dalam penelitian ini adalah I Kepala Sekolah, 2 guru PAI, dan 256 siswa-siswi muslim dan non muslim kelas 2 SMP Negeri II Kota Bengkulu. Dalam Teknik Pengumpulan Data penelitian ini digunakan Metode Observasi, Metode Interview atau Wawancara, Metode dokumentasi. Teknik Keabsahan Data menggunakan triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Adapun teknik analisa data ini menggunkan reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menun jukan bahwa : Strategi guru PAI dalam penanaman nilai-nilai pluralisme agama di SMP Negeri II Kota Bengkulu guru sudah memberikan contoh dan pengarahan dalam pendidikan pluralisme untuk saling menghargai serta saling menghormati antar sesama umat beragama. Selain itu strategi yang di gunakan dengan mengadakan ektrakulikuler guna supaya anak munslim dan non muslim tetap saling berteman. Dan nasehat yang di berikan oleh kepala sekolah yaitu selalu berbuat baik, saling tolong menolong, dan saling menghargai sesama teman, tidak mebeda-bedakan atau pilih kasih kepada murid walau mereka berbeda keyakinan masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, Penanaman Nilai-Nilai Pluralisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:03
Last Modified: 18 Nov 2020 03:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item