PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DL (DISCOVERY LEARNING) BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 99 KOTA BENGKULU

Mediansyah,, Mediansyah (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DL (DISCOVERY LEARNING) BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 99 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MEDIANSYAH_PGMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan saat ini menuntut proses pembelajaran aktif dan berpikir tingkat tinggi pada siswa. DL berbasis HOTS diarapkan mampu meningkatkan hasil belajar sisiwa pada mata pelajaran IPA SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran DL berbasis HOTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metodologi jenis kuantitatif dengan instrument tes dan pengambilan data melalui pretest dan posttest pada kelas control dan eksperimen pada kelas V SDN 99 Kota Bengkulu. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis inferensial (ujihipotesis). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran DL berbasis HOTS dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 99 Kota Bengkulu yakni dengan nilai signifikan dan nilai post test sebesar 3,83.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Discovery Learning, HOTS, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:41
Last Modified: 25 Nov 2020 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item