Perilaku Pedagang Menjual Produk Makanan Kemasan yang Kadaluwarsa Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Pasar Tradisional Sore Kelurahan Pematang Gubernur)

Utama, Nanda Syatria (2017) Perilaku Pedagang Menjual Produk Makanan Kemasan yang Kadaluwarsa Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Pasar Tradisional Sore Kelurahan Pematang Gubernur). Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
NANDA SYATRIA UTAMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku Pedagang Menjual Produk Makanan Kemasan yang Kadaluwarsa Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Pasar Tradisional Sore Kelurahan Pematang Gubernur) oleh Nanda Syatria Utama, NIM 1316130205. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek penjual produk makanan kemasan kadaluwarsa di pasar tradisonal sore Kel Pematang Gubernur, mengetahui faktor yang melatar belakangi perilaku pedagang menjual produk makanan kadaluwarsa dan pandangan etika bisnis Islam terhadap produk makanan kemasan kadaluwarsa. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder berupa wawancara kepada penjual dan pembeli sebanyak 8 orang responden yang terdiri dari 6 orang penjual dan 2 pembeli. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik random sampling. Kemudian data direduksi, maka langkah selanjutnya adalah mendisplaykan (pengkajian) data dalam bentuk uraian singkat, dengan mendisplaykan data maka akan memudahkan untuk memahami apa yang terjadi, merencanakan kerja selanjutnya berdasarkan apa yang terjadi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 6 orang pedagang yang menjual produk makanan kemasan kadaluwarsa di pasar tradisional sore kel Pematang Gubernur, sedangkan latar belakang para pedagang menjual produk makanan kemasan kadaluwarsa karena dapat mengurangi risiko kerugian, permintaan pembeli dan ketidak tahuan tentang kadaluwarsa. Berdasarkan pandangan etika bisnis Islam perilaku pedagang menjual produk makanan kemasan kadaluwarsa adalah perbuatan yang dilarang karena di dalam etika bisnis Islam telah diajarkan dalam berdagang hendaklah berlaku jujur, amanah, adil, dan tidak boleh ada yang dirugikan antara penjual dan pembeli. Kata Kunci: Perilaku Pedagang, Kadaluwarsa, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Wawan Kurniawan
Date Deposited: 17 Mar 2019 01:14
Last Modified: 17 Mar 2019 01:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item