KOMUNIKASI ORGANISASI POLRI DALAM MELAYANI MASYARAKAT PERSPEKTIF ISLAM (Studi di Polsek Selebar Kota Bengkulu)

Narzihatman, Narzihatman (2020) KOMUNIKASI ORGANISASI POLRI DALAM MELAYANI MASYARAKAT PERSPEKTIF ISLAM (Studi di Polsek Selebar Kota Bengkulu). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NARZIHATMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Polri sebagai salah satu institusi pemerintah yang bertanggung jawab dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban dalam negeri memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik (good governance) dalam pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat maupun sebagai aparat penegak hukum. Tuntutan rakyat agar Polri bersikap mandiri danprofesional dalam menjalankan tugas, serta pelaksanaan fungsi dan peran sebagai aparat penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat terjawab. Dari latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa masalah sebagai acuan pengambilan data dalam penelitian. Adapun rumusan masalah yang dimaksud adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana sistem aturan yang dibudayakan oleh Polri dalam pelayanan masyarakat dalam perspektif Islam di Polsek Selebar Kota Bengkulu? 2. Bagaimana strategi komunikasi Polri dalam melayani masyarakat perspektif Islam di Polsek Selebar Kota Bengkulu ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang di dapat dari informan penelitian. strategi komunikasi Polri dalam melayani masyarakat perspektif Islam di Polsek Selebar Kota Bengkulu menyimpulkan bahwa pola prilaku komunikasi yang dibudidayakan di Polsek Selebar adalah pertama adalah berprilaku transparan maksundaya tidak mencoba menyembunyikan dan menjauhkan dari segala macam agenda/rencana tersembunyi sesuatu dari masyarakat. Kedua adalah bertindak dengan tulus hati dalam melayani tanpa meminta imbalan. Ketiga adalah berfokus pada tindakan positif tanpa merugikan masyarakat. Keempat hadir mengayomi masyarakat dengan seluruh jiwa raga. Kelima adalah memperlakukan masyarakat dengan hormat dalam hal melayani. Keenam berani bertanggung jawab dalam segala hal yang menyangkut kinerja. Ketujuh menerima kritikan dan saran dari masyarakat untuk memperbaiki kinerja kepolisian dalam melayani masyarakat.Ketujuh adalah berbudi bahasa yang baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Melayani Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:42
Last Modified: 25 Nov 2020 02:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item View Item