Iis,, Mardianti (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH LITERASI SAINS SISWA SMP. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
SRIPSI IIS MARDIANTI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains yang memiliki kelayakan untuk dipakai setelah divalidasi. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap merencanakan penelitian, tahap pengembangan desain, tahap uji lapangan terbatas, tahap revisi hasil uji tahap lapangan terbatas, tahap uji coba secara luas, tahap revisi hasil uji coba lapangan lebih luas, dan tahap produk akhir. Instrument yang digunakan adalah angket untuk kelayakan dan kpraktisan modul. Subjek penelitian adalah 3 dosen ahli institut agama islam negeri Bengkulu, 1 guru IPA Biologi, dan 10 siswa. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen yaitu, 88%, 77,5%, 87,5% dengan pencapaian kriteria layak digunakan. Sedangkan data hasil analisis angket respon siswa dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kriteria kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains yang dikembangkan praktis untuk digunakan dengan persentase 94%, 93%, 95%, 88%, 90%, 95% (kategori sangat layak). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul telah layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi pencemaran lingkungan di SMP untuk kelas VII.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pencemaran Lingkungan, Etnosains, Modul, Kelayakan, Kepraktisan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 02:42 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 02:42 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4969 |
Actions (login required)
View Item |