Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 51 Kaur

Ayu,, Rusalina (2020) Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 51 Kaur. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU RUSALINA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti, siswa kelas IV SD Negeri 51 Kaur, Pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia diketahui minat siswa terhadap kegiatan bercerita masih rendah. Hal ini terlihat pada saat proses belajar mengajar siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh guru yang belum merencanakan pembelajaran sebelumnya, media yang digunakan guru tidak menarik, dan bahkan tidak menggunakan media yang dapat menimbulkan keaktifan dan menarik perhatian seluruh siswa, sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan hasil belajar yang didapat belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 51 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kunatitatif eksperimen (Quasi Eksperimen Design), dengan pendekatan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Designs, dimana pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi diambil dari keseluruhan siswa SDN 51 Kaur, dengan sampel yang diambil dari kelas IV A dan B sebanyak 40 orang. Uji validitas data divalidkan oleh para ahli, sedangkan uji reliabilitas data menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus Liliefors. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 51 Kaur. Hasil tersebut berdasarkan hasil perhitungan “uji-t” yaitu ݐ௛௜௧௨௡௚ (15,49090) > ݐ௧௔௕௘௟ (2,10092) yang berarti terdapat penerimaan pada (ha) dan penolakan (ho). Dari hasil posttest yang diperoleh kelas IV A (eksperimen) dengan nilai rata-rata 80, 25 dan hasil posttest yang diperoleh kelas IV B (kontrol) dengan nilai rata-rata 64, 25 ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen skor keterampilan berbicara lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Boneka Tangan, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:13
Last Modified: 19 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5174

Actions (login required)

View Item View Item