PERAN GURU DALAM MENINGKATKANKEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANAL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AS-SALAM DESA LAGAN BUNGIN KECAMATAN SEMIDANG LAGAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Rahmat Pratama, Yudha (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKANKEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANAL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AS-SALAM DESA LAGAN BUNGIN KECAMATAN SEMIDANG LAGAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Yuda Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses perubahan seseorang untuk memperolehsejumlah ilmu pengetahuan. Belajar merupakan tugas seorang siswa dan biasanyamenjadi masalah para siswa, salah satu penyebabnya antara lain karena mereka tidakdisiplin dalam belajar. Disiplin belajar merupakan suatu proses yang perlu dibentukdan dilatih secara terus menerus. Guru tentunya turut berperan dalampembentukan disiplin belajar Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-SalamDesa Lagan Bungin Kecamatan Semidang LaganKabupaten Bengkulu Tengah., dan 2) Metode yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan disiplin belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-SalamDesa Lagan Bungin Kecamatan Semidang LaganKabupaten Bengkulu Tengah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research)dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpulkemudian dianalisis dengan melakukan pemeriksaan secara konsepsional atau suatupernyataan, sehingga dapat diperoleh kejelasan arti yang terkandung dalampernyataan tersebut. Data dikumpulkan dengan cara menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-Salam Lagan Bungin adalah guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pelatih, dan guru sebagai evaluator, 2)meode yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan disiplin belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-Salam Lagan Bungin yaitu dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, ceramah dan simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:06
Last Modified: 04 Feb 2021 08:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item