PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA BELAJAR MEMBACA AlQUR’AN DI SMP NEGERI 22 BENGKULU SELATAN

Filza, Juniarti (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA BELAJAR MEMBACA AlQUR’AN DI SMP NEGERI 22 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

Full text not available from this repository.

Abstract

Filza Juniarti. NIM: 1611210208. Judul Skripsi “Peran Guru Pendidiakan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Membaca Al-Qur’an di SMPN 22 Bengkulu Selatan”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, Pembimbing I Dr.H. Mawardi Lubis, M.Pd, Pembimbing II Deni Febrini, M.Pd. Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, kesulitan belajar membaca AlQur’an Peran adalah aspek dinamis dari kedudukan (status) apabilah seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka dia menjalankan suatu peran. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam sebagai sumber ajaran Islam dan merupakan sumber segala Ilmu pengetahuan yang dijadikan landasan dalam pendidikan Agama Islam. Skripsi ini berisi mengenai peran Guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa belajar membaca Al-Qur’an di SMPN 22 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesuliatan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa, untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah melalui pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis-jenis kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an yaitu masih sulit membedakan huruf yang hampir sama, panjang pendek dan tajwid. Kemudian peran guru dalam membimbing siswa belajar membaca Al-Qur’an terbagi menjadi 9 peran yaitu sebagai: Informator, Organisator, Motivator, Pengasuh/direktur, Inisiator, Transmitter, Fasilitator, Mediator, Evaluator. Kemudian Guru PAI juga memiliki faktor yang dihadapi dalam membimbing siswa belajar membaca AlQur’an antara lain: faktor dari dalam diri siswa sendiri, keterbatasan fasilitas sekolah dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, kesulitan belajar membaca AlQur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:00
Last Modified: 09 Feb 2021 02:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item