RAFIKA, YULIA RESI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI IKHWANUL DJAUHARIAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
skripsi Resi Yulia Rafika.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh di dalam penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Card Sort terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ikhwanul Djauhariah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling total. Teknik pengambilan datanya yaitu instrument tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dari uji hipotesis menggunakan uji t yang diperoleh yaitu : t hitung ˃ t tabel (2, 527 ˃ 2, 024) maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran teams game tournament (TGT) berbantu media card short siswa mendapatkan nilai yang baik dan berperan secara aktif di dalam kegiatan pembelajaran dan juga dapat diketahui dari nilai hasil postest belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana siswa kelas IVA memiliki nilai yang lebih tinggi daripada siswa kelas IV B, yaitu diperolehnya nilai 80 > 73. Peneliti dapat menyarankan jika ingin hasil belajar siswa meningkat maka perbaiki model pembelajaran yang ada di sekolah dengan menerapkan berbagai model pembelajaran diantaranya model pembelajaran Teams Game Tournament Berbantu Media Card Sort
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Teams Game Tournament, Media Card Sort, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:51 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:51 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5402 |
Actions (login required)
View Item |