ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS PELAYANAN PADA BNI SYARIAH DAN BRI SYARIAH KOTA BENGKULU

DESRAYANTI, SELLY (2021) ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS PELAYANAN PADA BNI SYARIAH DAN BRI SYARIAH KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELLY PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Analisis Komparatif Kualitas Pelayanan pada BNI Syariah dan BRI Syariah Kota Bengkulu. Oleh Selly Desrayanti Nim 1611140153. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas pelayanan pada BNI Syariah, (2) untuk mengetahui kualitas pelayanan pada BRI Syariah, (3) untuk mengetahui perbedaan antara kualitas pelayanan BNI Syariah dan BRI Syariah Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 responden terdiri dari 38 nasabah BNI Syariah KCP Pagar Dewa dan 38 nasabah BRI Syariah KCP Panorama. Hasil penelitian menunjukan untuk kualitas pelayanan BNI Syariah Kota Bengkulu masuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan rata-rata total skor untuk setiap indikator bernilai 4,3–4,43 dan masuk dalam kategori puas dan sangat puas, karena berada pada interval 3,41-4,20 dan 4,21-5,00. Dan untuk kualitas pelayanan BRI Syariah Kota Bengkulu masih berada di bawah kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan ratarata total skor untuk setiap indikator yakni untuk tangibles 4,01 dan masuk dalam kategori puas, karena berada pada interval 3,41-4,20. Reliability 3,85 masuk dalam kategori puas berada pada interval 3,41-4,20. Responsiveness 3,94 masuk dalam kategori puas berada pada interval 3,41-4,20. Assurance 4,01 masuk dalam kategori puas berada pada interval 3,41-4,20. Emphaty 3,79 masuk dalam kategori puas berada pada interval 3,41-4,20. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan BRI Syariah juga baik. Berdasarkan hasil analisis Uji Independent Sample T Test menunjukan bahwa hasil nilai Sig.(2tailed) adalah 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan pada BNI Syariah dan BRI Syariah yaitu dimana nilai rata-rata kualitas pelayanan pada BNI Syariah lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata BRI Syariah (86,5526 > 78,3421). Hal ini juga dilihat dari hasil tanggapan responden dimana untuk kualitas pelayanan pada BNI Syariah hampir semua item pertanyaan dipersepsikan sangat setuju oleh responden. Artinya kualitas pelayanan yang diberikan BNI Syariah lebih tinggi jika dibandingkan dengan BRI Syariah Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, BNI Syariah, BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, BNI Syariah, BRI Syariah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:25
Last Modified: 03 Mar 2021 07:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item