Pengaruh pembinaan orang tua terhadap perkembangan emosi pesera didik di Mts Ar-Raudha Seluma

Latif, Abdul (2016) Pengaruh pembinaan orang tua terhadap perkembangan emosi pesera didik di Mts Ar-Raudha Seluma. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Abdul latif.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abdul Latif, NIM : 2113518057, Juli 2015. Judul Skripsi, Pengaruh Pembinaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosi Peserta Didik di MTs ArRaudha Seluma, Nama: Abdul Latif, NIM : 2113518057, Pembimbing 1 Dra. Rosma Hartini, M.Pd, Pembimbing II Wiwinda, M.Ag. Kata Kunci : Pembinaan orang tua dan perkembangan emosi anak Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pembinaan orang tua terhadap perkembangan emosi anak. Jenis penelitian ini tergolong penelitian korelasional yang ada di lapangan, dengan jenis kuantitatif, yakni hasil penelitian yang memiliki data berbentuk angka-angka yang diperoleh dengan metode angket serta dianalisis dengan menggunakan rumus product moment dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Ar-Raudha Seluma. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Pengaruh pembinaan orang tua terhadap emosi anak di MTs Ar-Raudha Seluma berada pada kategori sedang. Hal ini dapat diketahui dari hasil tabulasi skor jawaban responden sebanyak 40 responden 100%. Pelaksanaan pembinaan orang tua berpengaruh positif terhadap emosi anak di di MTs Ar-Raudha Seluma, dimana pengaruh tersebut ditunjukkan dengan koefesien regresi sebesar (0,999). Adanya pengaruh yang signifikan antara pembinaan orang tua terhadap emosi anak di MTs Ar-Raudha Seluma. Hal ini dapat diketahui r hitung diperoleh Df 38 = maka diperoleh nilai koefisien korelasi r sebesar 0,999. Kemudian tersebut dibandingkan dengan nilai untuk taraf signifikan 5 % yaitu 0,320. Ternyata lebih besar dari pada ( > = 0,999>0,320). Tingkat perbandingan pembinaan orang tua terhadap emosi anak pada kelas VII dan VIII berdasarkan hasil perhitungan, apabila dikonsultasikan dengan t tabel dengan Df 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,201. Dengan demikian, t hitung > t tabel (4,433>2,021) yang berarti hipotesi pembinaan orang tua (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara pembinaan orang tua terhadap emosi anak, kelas VII dan kelas VIII. Di masukkan dalam bentuk uij regresi linier sederhananya adalah : Y =34,178 + 0,863 dan regresi linier sederhana tersebut diatas diketahui nilai b yaitu 0,863 (positif) hal ini menunjukkan bahwa setiap perubahan variabel pembinaan orang tua satu-satuan akan menyebabkan pula perubahan emosi anak sebesar 0,863 dengan kata lain bahwa tiap penambahan penegakan pembinaan orang tua sebesar 0,863 maka akan diimbangi dengan peningkatan emosi anak sebesar 34,178

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mrs Astuti Triwinda
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:52
Last Modified: 18 Feb 2019 09:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item