STRATEGI GURU MENGGUNAKAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) CAHAYA RABBANI KEPAHIANG

Prima, Beri (2021) STRATEGI GURU MENGGUNAKAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) CAHAYA RABBANI KEPAHIANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
BERI PRIMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beri Prima, 2020, Nim 1611210027. Strategi Guru Menggunakan Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas 5 Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Rabbani Kepahiang. Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu: Pembimbing 1 : Dra. Nurniswah M.Pd Pembimbing 2: Kurniawan M.Pd. Kata kunci : Strategi, Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas 5 di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang hal ini dilatar belakangi karena metode wafa merupakan metode yang baru dalam pengajaran membaca Al-Quran di Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data dan display data. Informan pada penelitian ini yaitu Wakil kurikulum/ Koordinator sekolah, Guru, dan siswa kelas 5. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada tanggal 19 Oktober sampai 23 November 2020. Hasil penelitian ini yaitu strategi guru menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas 5 di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang dapat dilihat dari persiapan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi kemampuan siswa yang dilakukan guru. Hal-hal yang dipersiapkan oleh guru di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang seperti menyiapkan RPP, media pembelajaran, buku panduan metode wafa dan Al-Quran serta mengkondisikan kelas sebelum pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru berperan aktif dan kreatif membuat pembelajaran membaca Al-Quran metode wafa menjadi asik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca AlQuran siswa, yaitu dengan cara guru mengajak, menanamkan niat dan memotivasi siswa sebelum pembelajaran dimulai, selanjutnya guru mengajak siswa supaya aktif mengikuti arahan guru baik itu bernyanyi, menggerakan tubuh, dan mendengarkan cerita sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar membaca Al-Quran. Kemudian Siswa mendengarkan bacaan dari guru lalu siswa mengikuti bacaan guru tersebut perkata atau perbaris maupun perayat yang dibacakan gurunya. Evaluasi kemampuan siswa yang dilakukan oleh guru di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang dengan cara mengujikan kembali buku yang telah dipelajari. Apabila sudah lancar dan lulus maka siswa dapat melanjutkan pembelajaran kebuku selanjutnya. Dan apabila gagal atau melakukan kesalahan yang banyak siswa mengulang kembali buku yang telah dipelajari. Strategi guru menggunakan metode wafa di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang yang dilaksanakan guru di sekolah sudah baik, karena adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang, walaupun masih ada siswa yang membaca Al-Qurannya terbata-bata dan perlu bimbingan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:44
Last Modified: 09 Mar 2021 08:44
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item