PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V SD NEGERI 177 BENGKULU UTARA

BUDIMAN, ARIF (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V SD NEGERI 177 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Arif.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arif Budiman, NIM 1416242737, 2019 Penerapan Model Pembelajaran Assure Dalam Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V Sekolah Dasar Negeri 177 Bengkulu Utara Kata Kunci: Model Pembelajaran Assure, Hasil Belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Assure dalam upaya meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD N 177 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 177 Bengkulu Utara sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran assure sebagai strategi pembelajaran IPA dapat meningkatkan ketuntasan belajar, yaitu sebelum penelitian dilakukan peneliti mengadakan observasi awal yaitu pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 56,29 nilai terendah 20 dan nilai tertinggi adalah 80 , siswa yang mendapat nilai dibawah 75 sebanyak 20 orang mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran assure yakni dengan nilai rata-rata peserta didik adalah 75,92, nilai terendah 60 dan nilai tertinggi adalah 80, siswa yang mendapat nilai dibawah 75 sebanyak 9 orang, dan hal ini kembali mengalami perbaikan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 81,11 nilai terendah 70 dan nilai tertinggi adalah 90, siswa yang mendapat nilai dibawah 75 sebanyak 2 orang, jika dipersentasekan yaitu 92,59%. Berdasarkan hasil analisa data diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 177 Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Assure, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:06
Last Modified: 12 Mar 2021 03:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item View Item