HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN KOLEKSI BUKU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 58 KECAMATAN SELUMA SELATAN

JUMAIDA, MEGA (2021) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN KOLEKSI BUKU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 58 KECAMATAN SELUMA SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEGA JUMAIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mega Jumaida, Desember, 2020, Hubungan Kebiasaan Membaca Dan Koleksi Buku Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan, Skripsi Program Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Tadris (IAIN) Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Ali Akbarjono, M.Pd, 2. Masrifa Hidayani, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Apakah terdapat hubungan kebiasaan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan? 2. Apakah terdapat hubungan koleksi buku mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan? 3. Apakah terdapat hubungan kebiasaan membaca dan koleksi buku mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan. 2. Untuk mengetahui hubungan koleksi buku mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan. 3. Untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dan koleksi buku mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan peneliti maka disimpulkan bahwa. 1. Terdapat hubungan kebiasaan membaca buku terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan. Variabel X1 memberikan besar kontribusi terhadap variabel Y sebesar 95,2 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2. Terdapat hubungan koleksi buku belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia SD Negeri 58 Kecamatan Seluma Selatan. Variabel X2 memberikan besar kontribusi terhadap variabel Y sebesar 48,9 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Koleksi Buku, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Kebiasaan Membaca, Koleksi Buku, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:18
Last Modified: 12 Mar 2021 03:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5530

Actions (login required)

View Item View Item