DAMPAK GADGET SEBAGAI SARANA PROMOSI JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu)

ASTARI DANIAH, ULFAH (2021) DAMPAK GADGET SEBAGAI SARANA PROMOSI JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP ULFAH DANIAH ASTARI NIM (1516130041).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dampak Gadget Sebagai Sarana Promosi Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu) Oleh : Ulfah Daniah Astari NIM.1516130041 Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dampak gadget terhadap sarana promosi jual beli online (2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian penyebaran pertanyaan melalui WhatsApp dan wawancara secara lansung dengan mengunakan medote kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sumber data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online yaitu terbagi kepada dua garis besar positif dan negatif . Dari sisi penjual adalah tidak memerlukan lagi biaya banyak untuk menjalankan suatu bisnis, lebih mudah mempromosikan suatu barang, dan mendapatkan profit dari penjualan. Sedangkan dampak dari penggunaan gadget ini untuk si pembeli, membantu mereka mencari barang yang mereka inginkan di sosial media. Sedangkan dampak negatif dari sisi penjual yaitu wajib mempersiapkan koneksi internet, Jika si penjual slow respon konsumen akan membatalkan pesanannya. Dari sisi pembeli biasanya ketika memesan barang online, tidak sesuai dengan ekspetasi pembeli. (2) Dalam perspektif ekonomi Islam terhadap dampak gadget, sebagai sarana promosi jual beli online yang menerapkan konsep nilai-nilai Islam yang menjadi prinsip dalam setiap aktifitasnya. Selama tidak adanya penipuan, kezholiman, serta riba, juga kerelaan dari masing-masing pihak, dan tidak ada keterpaksaan. Kata Kunci: Dampak Gadget, Promosi, Jual Beli Online, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak Gadget, Promosi, Jual Beli Online, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 07:45
Last Modified: 26 Mar 2021 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item