Dwi Ainayah, Ayu (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS V DI MI AL-MUTTAQIN LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
Skripsi Ayu Dwi Ainayah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas V di MI Al-Muttaqin Lais Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Muttaqin Lais Bengkulu Utara yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus – 08 Oktober 2020. Sampel yang digunakan adalah 15 siswa yang diambil dari kelas V. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan ialah menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan instrumen angket. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dilakukan yaitu : uji prasyarat analisis (Uji Normalitas dan Uji Linieritas). Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil harga > dan P-value(sig.)= 0.009 < 0.05. Maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak signifikan berpengaruh terhadap Perilaku sosial siswa. Adapun besarnya pengaruh dapat dilihat dari harga koefisien determinasi (R Square) dalam table summary yaitu sebesar 0.420 atau sebesar 42 %. Artinya variabel pembelajaran akidah akhlak itu berpengaruh sebesar 42 % terhadap perilaku sosial siswa, sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perilaku Sosial Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perilaku Sosial Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 01:21 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 01:21 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5780 |
Actions (login required)
View Item |