PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 160 KABUPATEN SELUMA

EDIJON, EDIJON (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 160 KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Edijon Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 160 Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design yang merupakan penelitian yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas IV.A berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas IV.B berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu tes dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji normalitas datanya menggunakan rumus alfa cronbach. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan rumus polled varians. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil perhitungan yaitu thitung > ttabel (3,80 > 2,02) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 160 Kabupaten Seluma. Hal tersebut sesuai dengan kelebihan dari strategi pembelajaran word square yaitu bahwa proses pembelajaran dengan strategi ini dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Word Square, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 30 Apr 2021 01:25
Last Modified: 30 Apr 2021 01:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item