Marleza, Yemi (2019) PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENGATASI KELUHAN NASABAH DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk CABANG BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI YEMI MARLEZA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam skripsi ini ada satu permasalahan yang dibahas oleh peneliti yaitu Bagaimana Peranan Customer Service Dalam Mengatasi Keluhan Nasabah Di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bengkulu. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peranan customer service dalam mengatasi keluhan nasabah di Bank Muamalat Cabang Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data baik berupa tulisan maupun ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan customer service dalam mengatasi keluhan nasabah di Bank Muamalat Cabang Bengkulu sangat penting karena customer service bukan hanya menjadi perantara pada saat nasabah mengajukan keluhan saja akan tetapi customer service juga berusaha sebaik mungkin agar keluhan nasabah tersebut dapat diatasi langsung tanpa harus dinaikan ke pusat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan 10 orang nasabah yang pernah mengajukan keluhan ke bank muamalat cabang Bengkulu diketahui bahwasanya terdapat 9 orang nasabah yang keluhannya dapat diatasi langsung oleh customer service dan 1 orang nasabah keluhannya harus dinaikan kepusat. Ini menunjukan bahwa customer service bank muamalat cabang Bengkulu sangat kompeten dalam menangani setiap keluhan yang diajukan nasabah. Kata Kunci : customer service, mengatasi keluhan, nasabah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 08:24 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 08:24 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6114 |
Actions (login required)
View Item |