PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE DEBAT DENGAN METODE CERAMAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BERMANI ILIR

Maryani, 0 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE DEBAT DENGAN METODE CERAMAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BERMANI ILIR. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan masih terjadi masalah kesenjangan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 03 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, hal ini di indikasikan rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode ceramah dengan metode debat dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode ceramah dengan metode debat Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi penelitian adalah kelas IV sebanyak 60 orang dengan sampel yang diambil 40 orang yakni kelas IVA dan IVB sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terbukti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Pembelajaran ceramah dengan metode debat terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 03 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji “t” pada kedua kelompok diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,286 > 2,021), yang artinya ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunkan metode debat dengan metode ceramah di kelas IV SD Negeri 03 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Atas hasil ini, terbukti bahwa adanya perbedaan penggunaan metode ceramah dengan metode debat dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:10
Last Modified: 03 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item