PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV di MIN 2 KOTA BENGKULU

Agustina, Erla (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV di MIN 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img] Text
ERLA SKRIPSI.docx

Download (3MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika berdasarkan alasannya menurut beberapa siswa MIN 2 Kota Bengkulu pelajaran matematika sukar dan menjenuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle operasi hitung bilangan bulat terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MIN2Kota Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian adalah berapakah terdapat pengaruh antara media puzzle operasi hitung bilangan bulat terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 2 Kota Bengkulu. Untuk mencapai prestasi belajar yang diinginkan guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antar guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu menggunakan media puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen design dengan pendekatan nonequivalent group pretest posttest design pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IV A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan tanpa menggunakan media pembelajaran dan kelas IVB berjumlah 33 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan Media Puzzle. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menguji hipotesis menggunakan uji t tes, Berdasarkan perhitungan uji statistik t test didapatkan nilai t hitung sebesar 5,64 > dari t tabel sebesar 1,67. Dengan demikian yang berarti hipotesis kerja (Ho) dalam penelitian ini diterima, (Ha) ditolak, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap prestasi belajar siswa pada operasi hitung bilangan bulat kelas IV di MIN 2 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:14
Last Modified: 03 Sep 2021 07:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item