Integrasi Budaya Islam dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah (Ethnography pada elas Sepuluh Siswa Pesantren Arsallaum ota Bengulu Tahun Ajaran 2018/2019).

Saputra, Ade (2019) Integrasi Budaya Islam dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah (Ethnography pada elas Sepuluh Siswa Pesantren Arsallaum ota Bengulu Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi Ade Saputra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci :Integrasi, Budaya Islam, Pengajaran Bahasa Inggris Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menyelidiki keberhasilan pengintegrasian budaya Islam dalam pengajaran bahasa Inggris pada kelas sepuluh Peseantren Harsallakum tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada pesantren Harsallakum Kota Bengkulu. Sumber data berasal dari seluruh elemn yang berkaitan dengan integrasi budaya Islam dalam pengajaran bahasa Inggris pada kelas sepulu Pesantern Pancasila Bengkulu yang meliputi: guru bahasa Inggris, siswa yang terdiri dari 17 siswa, dan aktivitas selama proses belajar mengajar bahasa Inggris di kelas dan praktek di luar kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris mengintegrasikan budaya Islam dalam pengajaran bahasa Inggris pada Pesantren Harsallakum dalam bentuk: Muhadara, Mufrodat, Kultum, dan Marrawis. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengintegrasikan bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam bentuk berbicara di depan umum bernuansa Islami untuk memberikan pencerahan tentang Islam terhadap masyarakat berupa hukum syara’ dan tradisi Islam (Muhadara); menghafal kosa kata bahasa Inggris dengan pengucapan yang benar (Mufrodat); ceramah dengan durasi tujuh menit mengenai nilai-nilai religius (Kultum); dan seni Islam melalui menyanyikan lagu-l;agu religi berbahasa Inggris (Marrawis). Guru bahasa Inggris mengintegrasikan aktivitas budaya Islami ini untuk meningkatkan beberapa aspek kemampuan Bahasa Inggris siswa; memotivasi siswa untuk mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang Islami dan cara yang menyenangkan; dan membangun kepercayaan diri siswa dalam performa bahasa Inggris melalui seni Islami dan public speaking Islami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:16
Last Modified: 03 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item