Sukaidah, 0 (2020) STRATEGI PEMBINAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SANTRI DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AL-AZHAR PAGARALAM. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
TESIS I-5 SUKAIDAH JURNAL.pdf Download (868kB) | Preview |
Abstract
ukaidah, 2020. NIM 1811540035. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag., dan Pembimbing II: Dr. Ahmad Suradi, M.Ag Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: strategi pembinaan perilaku keberagamaan santri yang dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Azhar Pagar Alam; dan kendala-kendala dalam melakukan strategi pembinaan perilaku keberagamaan santri pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Azhar Pagaralam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan rancangan/desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi pembinaan perilaku keberagamaan santri pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Azhar Pagaralam dilakukan dengan kesiapan ustad/ustazah dalam pembinaan perilaku keberagamaan santri; kesiapan santri dalam menerima pembinaan perilaku keberagamaan; pelaksanaan bimbingan dan pengajaran untuk pembinaan perilaku keberagamaan santri; dan penciptaan suasana religius melalui berbagai kegiatan untuk pembinaan perilaku keberagaman santri. 2) Kendala-kendala dalam melakukan strategi pembinaan perilaku keberagamaan santri 1) terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah untuk mengawasi siswa, karena apabila dirumah sudah menjadi tanggung jawab orang tua, 2) kurangnya kesadaran para siswa akan dampak negatif . 3) minimnya alokasi waktu pelaksanaan pembinaan keberagamaan santri yang meliputi pembinaan keimanan, akhlak dan disiplin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:17 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6260 |
Actions (login required)
View Item |