Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 159 Bengkulu Utara

Septi, Aulia Anas (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 159 Bengkulu Utara. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AULIA ANAS SEPTI NIM. 1516240013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bervariasinya model mengajar memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, perlu adanya perbaikan dalam pemilihan model, karena tujuan pembelajaran belum tentu bisa tercapai apabila menggunakan model pembelajaran yang tidak tepat dengan mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model problem bassed learning pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 159 Sumber Rejo, kec. Hulu Palik, Kab. Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu metode yang sangat cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran IPA, karena model problem bassed learning model yang membuat peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis menumbuhkan inisiatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes soal objektif. Populasi penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu kelas IV A berjumlah 22 orang dan kelas IV B berjumlah 22 orang. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 159 Bengkulu Utara. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji t pada kedua kelompok diperoleh thitung > ttabel ( 4,983>2,018 ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:34
Last Modified: 06 Sep 2021 05:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item