Perbedaan Metode Debat dan Ceramah terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 26 Seluma

Lindasari, Meta (2020) Perbedaan Metode Debat dan Ceramah terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 26 Seluma. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Meta Lindasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Metode Debat, Metode Ceramah, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan metode debat dan ceramah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 26 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kuantitatif komparatif, dimana teknik ini digunakan untuk membandingkan persamaan atau perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifatsifat objek yang diteliti berdasarkan kerangka penelitian tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil post test yang telah diperoleh kelas Eksperimen sebesar 70,21 dan kelas Kontrol yaitu 66,25, dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas Eksperimen yang menggunakan metode debat dengan kelas Kontrol yang menggunakan metode ceramah pada pembelajaran PAI. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus t maka didapatkan hasil, thitung < ttabel(2,14 > 2,013) yang berarti hipotesis nihil (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang menggunakan metode Debat dengan metode Ceramah di kelas VII SMP Negeri 26 Seluma, sedangkan hipotesis kerja (Ha) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:42
Last Modified: 20 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6339

Actions (login required)

View Item View Item